PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan
Pendidikan : ...........................
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas /
Semester : VII (1) / 1
Tahun
Pelajaran : 20. -20.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
BILANGAN
1. Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
|
· Memberikan contoh bilangan bulat
· Menentukan letak
bilangan bulat pada garis bilangan
· Melakukan operasi
tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
· Menghitung kuadrat dan
pangkat tiga bilangan bulat.
·
Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan
pecahan :biasa, campuran desimal, persen.
· Mengubah bentuk pecahan
ke bentuk pecahan yang lain.
· Mengurutkan bilangan
bentuk pecahan
· Menyelesaikan operasi
hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.
|
||
1.2 Menggunakan sifat-sifat
opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan masalah.
|
· Menemukan sifat-sifat
operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
· Menggunakan sifat-sifat
operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi
campuran bilangan bulat
· Menggunakan sifat-sifat
operasi bilangan bulat untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
· Menggunakan sifat-sifat
operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan
serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
|
|||
ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1
Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
|
· Menjelaskan pengertian,
koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.
|
||
2.2 Melakukan operasi
pada bentuk aljabar
|
·
Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi
dan pangkat pada bentuk aljabar.
·
Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk
menyelesaikan soal
|
|||
2.3.Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel.
|
· Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
· Menentukan bentuk
setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau
dibagi dengan bilangan yang sama
· Menentukan penyelesaian
PLSV
· Menentukan penyelesaian
PLSV dalam bentuk pecahan.
|
|||
2.4.Menyelesaikan
pertidak samaan linear satu variabel.
|
·
Menjelaskan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
·
Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua
ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
·
Menentukan penyelesaian PtLSV
|
|||
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
|
3.1
Membuat matematika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan
perti-daksama-an linear satu variabel.
|
· Mengubah masalah ke
dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
· Mengubah masalah
kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
|
||
3.2
Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan
persamaan linear satu variabel
|
· Menyelesaikan
matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
· Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear
satu variabel
|
|||
3.3
Menguna-kan konsep aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika so-sial
yang sederhana.
|
· Menghitung nilai
keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
· Menentukan besar dan
persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam
kegiatan ekonomi.
|
|||
3.4
Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan masalah.
|
· Menjelaskan pengertian
skala sebagai suatu perbandingan.
· Menghitung faktor
perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala
|
|||
Jumlah
|
|
|
0 comments:
Post a Comment