Saturday, May 26, 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan          : ...........................
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas / Semester             : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran             : 20. -20.


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
BILANGAN
1.  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan



·  Memberikan contoh bilangan bulat
·  Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·  Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
·    Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
·    Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen.
·    Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
·    Mengurutkan bilangan bentuk pecahan
·    Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan termasuk operasi campuran.



1.2  Menggunakan sifat-sifat opera-si hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pe-mecahan masalah.

·    Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.
·    Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran  bilangan bulat
·    Menggunakan sifat-sifat operasi  bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
·    Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya


·    Menjelaskan pengertian, koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.



2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

·    Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.
·    Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal



2.3.Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.

·   Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
·    Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
·    Menentukan penyelesaian PLSV
·    Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.


2.4.Menyelesaikan pertidak samaan linear satu variabel.


·    Menjelaskan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
·    Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
·    Menentukan penyelesaian PtLSV

3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
3.1 Membuat matematika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan dan perti-daksama-an linear satu variabel.

·   Mengubah masalah ke dalam matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
·  Mengubah masalah kedalam matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel


3.2 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan persamaan linear satu variabel

·     Menyelesaikan matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
·     Menyelesaikan  matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel


3.3 Menguna-kan konsep aljabar da-lam peme-cahan ma-salah arit-metika so-sial yang sederhana.

·   Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.
·   Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.


3.4 Mengguna- kan per-bandingan untuk pe-mecahan masalah.

·   Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
·   Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

Jumlah



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ………….



( ……………………………….. )
NIP/MTs : ……………………..

…………, ….............. 20...
Guru Mapel Matematika.



( ……………………….. )
NIP/MTs : ………………

0 comments:

Post a Comment

Soal Latihan SPLDV

Soal No. 1 Diberikan dua persamaan linier 2x + y = 12 dan x − y = 3 . Tentukan nilai x dan nilai y dengan menggunakan metode eliminasi! Pem...