Saturday, November 5, 2011

NOMOR 6 (Apa perbedaan antara belajar dan pembelajaran, berikan satu contoh kasus belajar dan satu contoh kasus pembelajaran)

        7. Belajar dan pembelajaran memiliki perbedaan yang sangat signifikan, belajar adalah segenap rangkaian                                 kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya.Oleh sebab itu apabila setelah belajar peserta didik tidak ada perubahan tingkah laku yang positif dalam arti tidak memiliki kecakapan baru serta wawasan pengetahuannya tidak bertambah maka dapat dikatakan bahwa belajarnya belum sempurna. Contohnya, saat anak yang duduk dibangku  SMA kelas XII tidak mengerti tentang integral maka si anak akan mencari buku tentang integral lalu membacanya sehingga ia akan berlatih untuk mengerjakan soal-soal tentang integral dan akhirnya ia akan dapat memahami materi tersebut hal ini lah yang dikatakan belajar karena secara sadar anak tersebu melakukan aktivitas itu dan mengakibatkan terjadinya penambahan pengetahuan pada diri sang anak.
       Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat , serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Contoh sederhana suatu pembelajaran adalah saat sang anak yang tidak memahami integral kemudian anak tersebut bertanya kepada sang guru. Guru tersebut akan menjelaskan tentang integral, untuk mengetahui apakah sang anak mengerti penjelasan sang guru maka sang guru akan menyuruhnya mencoba soal-soal latihan tentang integral. Lalu jika sang anak dapat mengerjakannya maka proses pemerolehan atau pemberian ilmu berhasil..

0 comments:

Post a Comment

Soal Latihan SPLDV

Soal No. 1 Diberikan dua persamaan linier 2x + y = 12 dan x − y = 3 . Tentukan nilai x dan nilai y dengan menggunakan metode eliminasi! Pem...