Saturday, November 5, 2011

NOMOR 8 (Pada sebuah sekolah kelas VII SMP dengan siswa berjumlah 30 siswa akan diajarkan tentang konsep perbandingan yang berkaitan dengan skala, jarak dan kecepatan. Sebutkan dan jelaskan metode pembelajaran yang cocok dipakai dalam kelas ini, sebutkan dan jelaskan model pembelajaran yang menarik dipakai pada kelas ini, buatlah langkah-langkah pembelajaran yang mungkin dilakukan)

      8.  Metode pembelajaran yang cocok digunakan pada kelas tersebut adalah metode demonstrasi. Metode demonstrasi sejenis dengan metode ceramah dan ekspositori. Kegiatan belajar mengajar berpusat pada guru dan guru mendominasi pada kegiatan belajar mengajar. Tetapi pada metode demonstrasi aktivitas murid lebih banyak dilibatkan dengan demikian dominasi guru lebih berkurang lagi. Ciri khas metode demonstrasi tampak dari adanya penonjolan mengenai adanya suatu kemampuan misalnya menggunakan alat peraga dalam menghitung perbandingan yang berhubungan dengan skala, jarak, dan kecepatan. Setelah demonstrasi  selesai hendaknya disusul dengan kegiatan diskusi. Dalam diskusi ini dapat diberikan atau diminta komentar, kritik, saran, dan penjelasan yang berhubungan dengan demonstrasi tersebut.
Model pembelajaran yang cocok digunakan adalah model simulasi. Simulasi sebagai belajar mengajar merupakan penerapan dari prinsip cybernetics dalam dunia pendidikan. Para ahli psikologi cybernetika membuat analogi antara manusia dan mesin dan mengkonseptualisasikan pada belajar sebagai sistem umpan balik yang mengatur sendiri dan mengontrol sendiri. Sehingga dapat membangkitkan gerakan dan mengendalikan sendiri melalui mekanisme umpan balik. Seperti gerakan berpikir, berprilaku simbolik, dan berperilaku nyata. Sehingga dalam pengerjaan konsep perbandingan adanya dunia simulator pada anak.
Langkah-langkah pembelajaran yang mungkin dilakukan
A.    Tahap  orientasi
Menyajikan berbagai topik persoalan. Contohnya pemecahan masalah dalam persoalan konsep perbandingan. Setelah memberikan masalah guru diharapkan memberikan sebuah demonstrasi dan gambaran teknis awal sehingga siswa dapat memahami masalah tersebut.
B.     Latihan bagi peserta didik
Membuat sebuah konsep yang memberikan sebuah gambaran dengan alat peraga seperti sebuah sumulasi kecepatan sebuah mobil yang dirakit sedemikian mungkin, timbangan sebagai model perbandingan, sebuah alat-alat tulis yang lengkap, peta skala besar, dan sebuah program comparation simulation.
C.     Proses simulasi
Melaksanakan sebuah pembelajaran secara induktif dengan memberikan sebuah proses praktek sehingga otak kanan anak dapat berjalan dengan baik sehingga tidak membuat anak menjadi bosan akan pelajaran matematika yang konsepnya berupa pengukuran.
D.    Debriefing
Memberikan sebuah ringkasan menenai proses simulasi tersebut dan kesulitan yang dihadapi serta menganalisi proses dengan melakukan penarikan kesimpulan. Dengan hal tersebut anak dapat membandingkan antara kejadian secara demon dengan actual bagaimana prinsip konsep perbandingan tersebut diterapkan. Setelah tahap tersebut selesai lakukan dengan memberikan sebuah pemaparan tentang komsep perbandingan secara sistematis serta lakukan latihan soal untuk meningkatkan pemahaman siswa tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Soal Latihan SPLDV

Soal No. 1 Diberikan dua persamaan linier 2x + y = 12 dan x − y = 3 . Tentukan nilai x dan nilai y dengan menggunakan metode eliminasi! Pem...