Saturday, November 5, 2011

NOMOR 9 (Menurut anda bagaimana perkembangan pembelajaran matematika disekolah, dan tantangan apa saja yang mungkin dihadapi baik dari segi input, proses, output maupunsistempendidikan di Indonesia)

    9. Menurut saya perkembangan matematika di sekolah khususnya di Indonesia  belum menunjukan sebuah konsistensi yang merata hal ini terjadi karena adanya berbagai kendala-kendala yang terjadi mulai dari segi input, proses, ouput dan sistem pendidikan.
A.    Tantangan dipandang dari segi input
            Input adalah kejadian pertama yag menggambarkan siswa yang memiliki sejumlah materi prasyarat dari konsep yang akan dipelajari, sikap, dan motivasi dalam belajar. Sedangkan dari pihak guru merupakan persiapan yang harus direncanakan dengan baik meliputi pegetahuan prasyarat yang telah dimiliki siswa, pedekatan/strategi/metode dan teknik dan sarana belajar. Jadi tantangan dari segi input adalah :
a.       siswa yang tidak memliki sejumlah materi prasyarat dari konsep yang akan dipelajari, sikap, dan motivasi dalam belajar.
b.      Guru yang tidak memiliki mulai dari persiapan, strategi, metode, teknik, pendekatan dan sarana yang cukup untuk mendidik seorang siswa.
B.     Tantangan dipandang dari segi proses
            Proses adalah kegiatan menggambarkan proses belajar mengajar. Pihak guru harus pada kejadian ini harus berusaha semaksimal mungkin agar siswa merasa siap, senang, dan termotivasi. Saat terjadi proses pembelajaran dapat dikelompokan menjadi 3 macam yaitu penanaman konsep, pemahaman konsep, dan pembinaan keterampilan.
a.       Tantangan dalam penanaman konsep
Adanya guru yang tidak memilih dan menjabarkan sebuah materi dalam pengajaran. dan materi yang disampaikan harus sesuai dengan jenjang tinkat pendidikan. Dan harus adanya pengelolaan waktu yang baik oleh guru sehingga dapat memaksimalkan proses belajar.
b.      Tantangan dalam pemahaman konsep
Di dalam proses ini perlu adanya pemahaman dan perluasan pengetahuan siswa serta terapan dan komunikasi untuk memecahkan masalah dari konsep yang dipelajari.
c.       Tantangan dalam pembinaan keterampilan
Tujuan dari proses ini adalah melatih siswa untuk menggunakan konsep yang didapatkan untuk memecahkan masalah. Pembinaan ini dapat dilakukan dengan mencongkak, berlomba, soal cerita, dan pemecahan masalah.
C.     Tantangan di pandang dari segi output
            Hasil dari pembelajaran adalah siswa harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai sikap yang didapatkan dari proses tersebut. tetapi pada kenyataanya hasil yang didapatkan berbanding terbalik dengan pernyataan tersebut. dan ini sebuah trauma yang belum dapat diselesaikan secara keseluruhan.
D.    Tantangan di pandang dari segi sistem pendidikan
            Sistem pendidikan di Indonesia yang sering berubah dari proses pembelajaran tradisonal menjadi modern dan kembali lagi ke gerakan back to basic membuat siswa dan guru tidak dapat menyesuaikan kondisi tersebut. adanya berubahan kurikulum tiap tahun cukup menggangu guru untuk menerapkan model dan metode pembelajaran yang efektif dikelas. Sehingga akan berdampak buruk terhadap siswa. Sedangkan di siswa adanya pergantian kurikulum berarti pergantinya buku, sehingga akan memberatkan orang tua siswa dalam melaksanakan kewajiban dalam pendidikan. 

0 comments:

Post a Comment

Soal Latihan SPLDV

Soal No. 1 Diberikan dua persamaan linier 2x + y = 12 dan x − y = 3 . Tentukan nilai x dan nilai y dengan menggunakan metode eliminasi! Pem...