UAS RANCANGAN PERCOBAAN
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEMESTER GANJIL
2012-2013
Petunjuk : Kerjakan di rumah dan
dikumpulkan hari Jum’at tidak lebih dari Jam 10 pagi di Ruang Dosen FKIP.
Gedung Kuliah Lt.II.
Suatu penelitian akan dilakukan untuk mengetahui
pengaruh metode belajar dan waktu kegiatan belajar mengajar terhadap hasil
belajar mata kuliah rancangan percobaan. Metode yang dicobakan adalah ceramah,
tanya jawab dan diskusi. Sedangkan waktu kegiatan belajar mengajar yang dipilih
adalah pada jam pertama (7.00- 8.40), jam ketiga (11.00-12.40) dan jam kelima
(15.00-16.40). Pengamatan dilakukan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah
tersebut dengan kemampuan awal dalam mempelajari rancangan percobaan relatif
sama (syarat mata kuliah adalah Statistika Dasar telah diambil dengan nilai
minimal C). Hasil belajar diambil berdasarkan 3 kali kuiz yang dilakukan
setelah suatu pokok bahasan diajarkan dengan suatu metode tertentu pada jam
pelajaran yang telah ditetapkan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah
rancangan percobaan factorial dengan rancangan dasar RAL.
Pertanyaan :
a. Tentukan
faktor dan respon pada percobaan tersebut dengan menggunakan bagan seperti pada
slide no 2 pada handout kuliah.
b. Jelaskan
model linier untuk percobaan ini.
c. Jelaskan
hipotesis rancangan percobaan tersebut!
d. Buatlah
tabel hasil penelitian tersebut dan isilah dengan data yang anda tentukan.
Catatan :
-
Jika ada 2 orang yang mempunyai data
yang sama untuk setiap sel, maka keduanya dianggap mengcopy dan nilai kan
dibagi 2.
-
Jika ada lebih dari 2 orang yang
mempunyai data yang sama untuk setiap sel, maka semuanya dianggap mengcopy dan
nilai akan dibagi sesuai dengan jumlah orang yang mempunyai data yang sama tsb.
-
Perhatikan nilai respon pada tabel,
data yang ada harus sesuai dengan nilai respon yang mungkin.
e. Analisis
data tersebut pada a
= 1%.
0 comments:
Post a Comment